Sabtu, 15 Januari 2011

Balasan Tukang Sogok

Suatu hari, Qarun memanggil seorang WTS dan memberinya segepuk uang sebagai sogokan agar mau mengatakan di hadapan khalayak Bani Israil bahwa Musa telah menzinahinya. Qarun merencanakan untuk menggelar pertemuan dan memnta Musa menyampaikan wejangan.
                Tanpa rasa curiga, Musa memenuhi permintaan itu. Orang-orang pun berdatangan. Ketika Musa sedang memberikan wejangan tiba-tiba Qarun berkata, “Wahai Musa apa yang engkau lakukan terhadap orang yang mencuri?”. Musa menjawab, “Kita akan potong tangannya.” Qarun menambahkan lagi, “Kalau orang yang berzina?” Musa menjawab, “Kalau ia orang yang sudah menikah, hukumannya dirajam (dilempar batu hingga mati). Jika ia belum menikah, hukumannya dicambuk.”
                Qarun menimpali, “Sekali pun pelakunya itu engkau sendiri?” “Aku berlindung kepada Allah dari melakukan hal itu. Hukum had tetap berlaku terhadap semua orang, sekalipun aku sendiri.”
Qarun segera berkata pada wanita yang telah disogoknya, “Berdirilah!” Namun anehnya wanita itu tidak mampuberdiri. Ia gemetaran dan sekujur tubuhnya menggigil. Dalam suasana seperti itu, ia pun berterus terang, “Wahai Musa, Qarun telah menyuapku agar menuduhmu berbuat zina dengan diriku.  
Emosi Musa meluap. Ia pun berkata, “Aku memintamu atas nama Dzat yang telah menurunkan Taurat, apakah yang dikatakan Qarun benar?” Wanita itu menjawab, “Aku bersaksi, engkau terbebas dari tuduhan itu.”  Begitu mendengar hal itu, Musa langsung sujud seraya mendoakan kebinasaan orang yang menzaliminya.
Allah pun mewahyukan kepadanya agar mengangkat kepala sebab bumi telah tunduk kepadanya. Musa berkata kepada bumi. “Telanlah mereka!” Bumi menlan Qarun dan kawan-kawannya sebatas kaki. Kemudian menelannya lagi hingga sebatas lutut mereka. Demikianlah hingga bumi benar-benar menelan sluruh jasad mereka, tidak seorangpun yang tersisa.
Dalam hal ini, Qatadah as-Sadusy berkata, “Allah menghempaskan mereka setiap harinya seukuran badan mereka hingga hari kiamat.” Dalam riwayat Ibn Abbas disebutkan, mereka telah dihempaskan ke dalam 7 lapis bumi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar